ciri ciri Mystery shopperciri ciri Mystery shopper

Bertemu dengan mystery shopper saat bekerja merupakan keberuntungan tersendiri. Mengapa demikian, karena saat itulah yang akan menentukan indeks nilai kerja kita apakah sudah sesuai dengan ketentuan melayani yang baik atau belum. Menemukan ciri-ciri pelangganmu adalah mystery shopper tidaklah sulit terutama jika kita sudah mengenali kebiasaan pelanggan kita sehari-hari.

Penilaian yang diberikan oleh mystery shopper akan menjadi tolak ukur perusahaan untuk mengembangkan dan meningkatkan sistem budaya layanan mereka. Perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan apabila nilai yang diberikan mencapai skor tertinggi.

Ciri ciri Mystery Shopper

Hasil perolehan skor biasanya akan dipublikasikan di media populer sesuai bidang bisnis masing masing. Semakin tinggi skor yang didapat maka akan semakin tinggi kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan tersebut.

Baca Juga Cara Menghadapi Mystery shopper.

Baca juga CirI Ciri Pelangganmu adalah Mystery Shopper

Untuk para karyawan yang bertemu pelanggan secara langsung akan mendapatkan kesempatan bertemu mystery shopper. Sayangnya mystery shopper saat datang tidak memberi tahu dulu jika ada jadwal kunjungan. Lalu bagaimana mengetahui ciri-ciri pelangganmu adalah mystery shopper?

Berikut ciri-ciri mystery shopper yang biasa datang tanpa diundang.

  1. Terlihat asing

 Mystery shopper terkadang adalah pelanggan yang jarang kita temui atau tidak pernah kita jumpai sebelumnya. Ketika kita melihat pelanggan seperti ini bersiaplah untuk beraksi. Tetapi tidak semua Mystery Shopper adalah pelanggan baru ya, terkadang ada juga tetangga yang menjadi mystery shopper. Jika tetangga kamu menunjukan sikap yang tidak biasa curigalah.

Mystery shopper yang datang tentunya akan dibekali dengan teknologi yang canggih untuk merekam gerak gerik kita saat sedang melayani. Biasanya mereka akan meletakan Handphone di meja atau di saku dengan kamera mengarah ke kamu atau meletkan tas kecil diatas meja. Selain itu perhatikan juga jika pelangganmu mengantongi bulpoin bisa jadi di bulpoin itu mempunyai kamera.

  • Datang berdua atau sendiri

Terkadang mystery shopper akan datang berdua. Salah satu dari mereka adalah agen atau konsultan layanan yang sedang menemani sedangkan satunya lagi akan menjadi pelanggan. Hal ini bisa saja yang menjadi pelanggan adalah orang yang kamu kenal. Curigalah jika yang mendampingi adalah orang yang tidak kamu kenal. Ingat Mystery shopper tidak selalu datang berdua.

  • Berkeliling

Mystery shopper akan memberikan nilai tidak hanya karyawannya saja tetapi juga kondisi fisik bangunan meliputi kebersihan dan fasilitas bagi pelanggan. Biasanya Mystery shopper akan jalan jalan ke setiap sudut ruangan yang diperuntukan untuk pelanggan.

  • Jarang bertanya atau tidak aktif bertanya.

Mystery shopper biasanya tidak aktif bertanya kerana mereka hanya ingin melihat SOP yang harus kamu jalankan. Jika pun harus bertanya pertanyaanya tidak akan panjang lebar karena mereka biasanya hanya menyiapkan satu atau dua pertanyaan saja.

  • Tidak memiliki inisiatif.

Jika kamu melihat pelangganmu duduk terlalu lama dan selalu di skip oleh pelanggan lain yang baru datang dan dia hanya diam saja. Curigalah bisa jadi dia adalah Mystery shopper karena mereka akan mengamati sampai dia dipanggil.

Itulah ciri-ciri pelangganmu adalah mystery shooper. Perlu di ingat bahwa ciri-ciri tersebut tidak bisa menjadi patokan ya, karena pada dasarnya semua pelanggan yang datang tetapi tidak diundang adalah mystery shopper. Pastikan sahabat aiwa tetap melayani pelanggan dengan baik seperti sedang menghadapi Mystery shopper. Selamat berjuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *