Agar kipas angin awet dan tahan lama. Cuaca gerah dan panas tentunya pernah dirasakan oleh setiap orang. Aktivitas yang berlebihan dan ditambahnya kondisi ruangan yang minim ventilasi akan menambah suasana panas dan gerah semakin bertambah.

Ada berbapa banyak cara untuk mengatasi rasa gerah atau panas yang dirasakan oleh tubuh. Salah satunya dapat menggunakan alat-alat sederhana seperti menggunakan benda tipis yang kuat. Kemudian mengibaskan benda tersebut sehingga terjadi dorongan udara yang mengenai tubuh.

Teknologi modern juga telah menyediakan beberapa alat yang dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan.  Kipas angin listrik adalah salah satu alat yang dapat menghembuskan angin segar. Menggunakan bantuan dinamo yang dapat memutar baling-baling kipas dengan laju sehingga menghasilkan angin yang cukup deras.

Harga yang cukup murah dan tidak boros listrik menjadikan alat ini digemari oleh banyak kalangan mulai dari orang tua sampai anak muda. Variasi atau bentuk kipas yang lucu dan unik menambah keistimewaan alat ini sehingga pengguna merasa tertarik untuk membelinya walaupun di rumah sudah ada dua.

Perawatan yang mudah dan murah menjadi salah satu keistimewaan alat ini. Angin yang di hembuskan dari kipas angin listrik berasal dari tarikan angin dan dorongan yang diberikan oleh baling-baling.

Akibat dari tarikan dan dorongan ini maka banyak partikel-partikel kecil yang ikut tertarik dan menempel pada baling-baling. Jika kita melihat kipas angin listrik di rumah baling-baling nya biasa ditemukan banyak debu yang menempel  tebal.

Baca 10 modem 4G terbaik di Indonesia

Debu-debu ini lah yang dapat menyebabkan kipas angin kalian bisa berkurang ketahanan hidupnya. Pada dasarnya baling-baling kipas menyedot udara yang ada di sekitar belakang kipas.

Agar kipas Angin Awet

Udara yang di sedot atau ditarik oleh baling-baling membawa material kecil berupa debu yang beterbangan. Debu yang beterbangan itu tidak terlihat dengan mata telanjang. Material debu yang beterbangan sebagian akan tertahan oleh baling-baling. Lambat laun debu yang tertahan oleh baling-baling menjadi banyak dan menumpuk.

Bersihkan secara rutin

Debu yang menempel pada baling-baling kipas akan memperberat putaran nya. selain itu debu yang menempel pada baling-baling juga dapat berbahaya karena bisa terlepas dan terhirup oleh manusia.

Bersihkan baling-baling setiap dua minggu sekali agar kipas angin awet dan terlihat bersih dan sehat. Gunakan kuas atau lap lembut untuk membersihkan nya.

Matikan kipas angin secara berkala

Pada umumnya pengguna kipas suka membiarkan kipas angin dalam kondisi menyala selama berjam-jam bahkan ada yang hingga berhari-hari tidak di matikan. Dinamo yang berputar pada kipas tentunya membutuhkan waktu istirahat untuk mendinginkan dirinya. Dinamo yang terus berputar tanpa ada istirahat akan berdampak pada kemampuan bertahan dinamo tersebut.

Gunakan kipas dengan baik

Penggunaan alat elektronik memerlukan penanganan yang baik. Tekan kipas dengan lembut jangan terlalu kasar karena dengan memaksa kipas angin untuk berputar dapat menyebabkan kipas rusak dan macet.

Jauhkan kipas dari air dan hawa panas

Cipratan air yang mengenai kipas dapat menyebabkan konslet listrik. Percikan api yang ditimbulkan oleh listrik dapat menyebabkan kebakaran selain itu air yang menempel pada komponen dapat menyebabkan karat. Hawa panas berlebihan pada sekitar juga dapat mengakibatkan dinamo cepat rusak.

Perhatikan instalasi kabel

Instalasi kabel juga perlu diperhatikan karena penyusunan kabel yang tidak tepat juga dapat menyebabkan terjadinya konsleting listrik.

Demikian adalah cara agar kipas angin listrik kalian bisa menjadi awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.